Mengenal Ide Desain Kolam Renang Rooftop

Inspirasi desain kolam renang rooftop seperti ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak mempunyai space tanah lebih. Ide memiliki kolam renang bisa diwujudkan dengan membangunnya di atap rumah.

Model kolam renang saat ini semakin bervariasi. Banyakya pilihan konsep desain membuat banyak orang untuk memilikinya. Baik yang memiliki lahan yang luas maupun yang sempit.

Beberapa ide cemerlang saat ini bisa saja diterapkan untuk mewujudkan desain kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan ukuran lahan yang tersedia. Salah satunya adalah desain kolam renang rooftop.

Ide Kreatif untuk Desain Kolam Renang Rooftop

Seperti apa yang sudah kami singgung diatas, keterbatasan lahan tidak serta merta memupus keinginan untuk memiliki kolam renang. Tidak adanya space di ground, kita masih bisa membangun kolam renang di atap rumah.

Beberapa ide dan inspirasi desain kolam renang di atap rumah berikut bisa menjadi contohnya. Anda bisa mengadopsi bentuk, ukuran desain kolam renang rooftop berikut ini.

1. Konsep Tembus Pandang

kolam renang rooftop tembus pandang
kolam renang rooftop tembus pandang

Model desain kolam renang rooftop yang bisa digunakan pertama adalah konsep tembus pandang. Model yang satu ini tentu saja memberikan sentuhan keindahan yang lebih untuk rumah yang minimalis.

Dimana pemandangannya akan tetap lebih indah walapun dilihat dari sudut mana saja. Baik dilihat dari dalam rooftopnya langsung maupuan dilihat dari bawah lantainya.

Model yang satu ini banyak diterapkan pada rumah-rumah minimalis yang memiliki banyak lantai di dalam rumahnya.

Model yang satu ini banyak menggunakan bahan yang terbuat dari kaca. Tentu saja kaca yang digunakan bukan sembarang kaca. Melainkan kaca yang memiliki kekuatan yang cukup agar tidak mudah retak dan pecah saat digunakan untuk berenang.

Dari segi keamanan bisa dibilang aman namun untuk sebagian orang mungkin menganggap hal ini adalah sesuatu yang membahayakan padahal sudah teruji sisi keamanannnya.

Untuk kolam renang di rooftopnya biasanya dibuat sangat kecil dan beberapa petak. Baik menggunakan pelindung ataupun dibiarkan terbuka. Untuk digunakan berenang maupun hanya sebagai hiasan saja.

Kolam renang di rooftop ini nyatanya selain seabagi solusi memiliki kolam renang di lahan yang sempit, juga bisa meningkatkan keestetikaan pada sebuah ruangan rumah yang minimalis.

2. Kolam Renang Mini Lantai 2

Kolam Renang Mini Lantai 2
Kolam Renang Mini Lantai 2

Model selanjutnya untuk desain kolam renang rooftop ini adalah kolam yang diletakkan pada rooftop lantai dua. Namun tidak menggunakan bahan yang tembus pandang seperti kaca melainkan semen dan keramik.

Dengan material tersebut biasanya fungsi utama yang dicari adalah kegunaannya untuk berenang, namun diletakkan di rooftop dengan alasan untuk menghemat lahan.

Model yang satu ini merupakan sebuah solusi seseorang yang tinggal di rumah yang minimalis namun menginginkan sebuah kolam renang di rumahnya.

Kolam renang mini lantai 2 ini, bisa ditambahkan beberapa ornamen atau hiasan yang tidak berlebihan mengingat tempatnya yang ada di rooftop. Disesuaikan saja dengan kebutuhan dan banyaknya anggota keluarga yang menikmati kolamnya.

Kolam renang mini lantai 2 ini haruslah dibangun dengan serius menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan kuat. Mengingat tempatnya yang berada di rooftop untuk menghindari adanya kebocoran dan keretakan saat digunakan.

Dalam penggunaannyapun juga harus diperhatikan dengan benar berapa kapasitas yang harus ada dalam kolamnya.

Tidak boleh melebihi kapasita (jumlah orang) mengingat modelnya yang kecil. Daya tampungnya yang tidak menjamah langsung dengan bawah tanah.

Dengan begitu, dalam segi kekuatannya juga akan berbeda dengan kolam renang dalam tanah. Itulah yang menjadi kekurangan dari model kolam renang lantai dua ini.

Pembamngunan kolam renang rooftop bisa saja dari kerangka bangunan lama. Namun tentunya kerangka konstruksi rumah tersebut memang sudah diperhitungkan sejak awal.

Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir masalah keamanan konstruksinya. Proses pembangunan kolam renang untuk rooftop ini tidak akan mengalami banyak kendala jika sudah direncanakan. Keinginan untuk memiliki kolam renang minimalis ini akan terwujud dengan baik.

3. Kolam Rooftop Lantai 2 Rumah

Rooftop Lantai 2 Rumah
Rooftop di Lantai 2 diantaran dua Rumah

Model yang satu ini bisa dikembangkan untuk dua rumah yang menginginkan adanya sebuah kolam renang dalam rumah minimalisnya.

Dengan menggabungkan dua rumah minimalis menjadi satu tentunya membuat ukuran kolam renangnya akan semakin luas juga.

Model seperti ini bisa digunakan sebagai solusi untuk mendapatkan ukuran kolam renang yang cukup luas. Namun tentu saja hanya untuk orang-orang yang memiliki dua rumah yang berdekatan.

Nyatanya konsep seperti ini sudah banyak digunakan dalam penerapan desain kolam renang rooftop ini. Model yang satu ini banyak dipilih sebagai investasi jangka panjang untuk membuat anggota keluarganya saling berdekatan dengan membeli langsung beberapa rumah minimalis untuk tabungan di masa depan.

Kemudian membangun beberapa fasilitas sosial bersama khusus keluarga besarnya. Namun memang biaya yang harus dikeluarkan akan lebih banyak, namun tidak ada salahnya jika Anda memiliki dana yang cukup.

4. Kolam Renang rooftop Dalam rumah

Kolam Renang rooftop Dalam rumah
Kolam Renang rooftop Dalam rumah

Nyatanya dalam menerapkan konsep desain kolam renang rooftop ini bisa menggunakan konsep indoor kolam. Hal ini bisa dipilih jika rooftop terlalu tinggi. Atau udara sekitar tidak memungkinkan untuk memiliki kolam renang di rooftop.

Atau ada polusi di sekirat rumah Anda. terlalu banyaknya kotoran dan debu yang nantinya akan mudah mengotori kolamnya. Sehingga membangun rooftop di dalam ruangan adalah sebuah keputusan yang tepat.

Model yang satu ini adalah solusi yang tepat untuk memiliki rooftop namun tetap mengedepankan keselamatan dan keamanan untuk seluruh anggota keluarga. Terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil dan sedang asik-asiknya berjalan.

Kolam renang rooftop dalam ruangan memudahkan banyak orang untuk mengawasi setiap gerak-gerik anak kecil yang sedang aktif bergerak.

5. Kolam Renang Kaca model rooftop

Kolam Renang rooftop Kaca
Kolam Renang rooftop dengan material Kaca

Kolam renang kaca juga merupakan solusi / alternatif untuk desain kolam renang rooftop yang bisa dipilih. Kolam renang kaca bisa juga diterapkan bukan hanya untuk rumah minimalis yang memiliki dua bahkan banyak lantai.

Nyatanya rumah dengan satu lantaipun bisa menggunakan kolam renang kaca untuk dipasang pada rooftopnya. Penggunaan kolam renang kaca untuk rumah satu lantai dirasa lebih nyaman dan mudah dinikamti ketimbang rumah yang memiliki banyak lantai.

Kolam renang kaca ini biasanya tidak hanya berupa kaca bening saja melainkan terkadang kaca yang digunakan memiliki beberapa gambar yang digunakan untuk mempercantik pemandangan bawahnya.

Gambar yang dipilih bisa berupa dedaunan, bunga-bunga maupun lukisan ikan yang membuatnya seolah seperti kolam ikan padahal kolam tersebut adalah kolam renang.

6. Desain Kolam Renang Rooftop (Lantai 2 Minimalis)

Desain Kolam Renang Rooftop (Lantai 2 Minimalis)
Desain Kolam Renang Rooftop (Lantai 2 Minimalis)

Ingin membangun kolam renang rooftop namun rooftop tidak memungkinkan? Desain kolam renang yang satu ini bisa juga dibangun untuk kawasan lain yang sekiranya memadai.

Sebagai contohnya adalah lantai dua yang minimalis. Dimana lantai dua ini nantinya akan didesain sedemikian rupa agar cocok untuk dipasangi sebuah bak kolam renang atau dibangun kolam renang disana.

Modelnya memang tidak akan bisa luas mengingat tempat dan lahannya yang sempit. Kolam renang lantai 2 minimalis ini merupakan solusi yang tepat untuk orang-orang yang tidak memiliki lahan yang cukup namun menginginkan adanya kolam renang dalam rumahnya.

Kolam renang yang dibuat hanya bisa digunakan untuk kapasitas dua orang saja tidak boleh lebih mengingat kekuatannya yang tidak baik.

7. Kolam Model Persegi Panjang

Kolam renang rooftop Model Persegi Panjang
Kolam renang rooftop- model Persegi Panjang

Desain rooftop yang bisa digunakan selanjutnya adalah model persegi panjang. Model yang satu ini nyatanya sangat cocok dipilih untuk ruangan yang minimalis sehingga bentuk yang bisa dipilih hanyalah segi memanjang saja.

Itulah jenis-jenis ide kreatif untuk memulai desain kolam renang yang minimalis dan menggunakan konsep rooftop yang keren untuk digunakan.

Leave a Comment