6 Jenis Kolam Renang Berikut Fungsinya

Jenis Kolam Renang

Banyak orang yang berharap untuk memiliki kolam renang di rumah mereka. Adanya kolam renang bisa menjadi pemanis tersendiri bagi setiap rumah. Kolam renang bisa dibangun di berbagai tipe rumah baik rumah minimalis maupun rumah yang luas. Jenis kolam renang dapat ditentukan berdasarkan luas rumah dan desain rumah. Memiliki kolam renang tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Dengan memiliki Kolam renang, kita dapat berkumpul bersama keluarga, berenang bersama, refreshing, dan melakukan hal-hal lainnya yang menyenangkan. Kolam renang memang merupakan salah satu kebutuhan tersier atau kebutuhan tambahan. Namun jika Anda memiliki uang lebih untuk membangun, tidak ada salahnya untuk menambahkan kolam renang di rumah bukan?

… Pada umumnya, tujuan membangun kolam renang yang utama adalah untuk melakukan olahraga air seperti berenang. Namun, terdapat banyak aktifitas lainnya yang dapat dilakukan di kolam renang seperti berjemur, berendam, dan lain-lain. Jika ingin berjemur di sekitar kolam renang,

Anda dapat membangun kolam renang dengan aksesoris kursi malas dan payung di pinggirnya. Kursi malas merupakan tempat paling nyaman untuk menikmati hangatnya matahari pagi sambil bersantai. Selain itu, kolam renag juga dapat digunakan sebagai tempat berendam di air hangat. Caranya adalah dengan membangun kolam renang model spa. Kolam renang model spa dengan air hangat di dalamnya pasti akan membuat hari libur Anda menjadi lebih menyenangkan.

#.Jenis Kolam Renang Indoor

Jenis Kolam Renang

Terdapat berbagai jenis kolam renang yang dapat Anda pilih. Anda bisa menentukan kriteria jenis kolam seperti apa yang ingin Anda bangun terlebih dahulu. Menurut peletakannya, terdapat dua jenis kolam renang yaitu kolam renang indoor dan kolam renang outdoor.

Kolam renang indoor dibangun di dalam area rumah. Tujuan membangun kolam renang jenis ini adalah agar pemilik rumah tetap bisa menikmati aktifitas berenang meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Misalnya saja karena hujan dan cuaca yang terlalu terik di siang hari. Dengan memiliki kolam renang indoor, aktifitas berenang dapat dilakukan kapan saja bahkan pada malam hari.

#. Jenis Kolam Renang Outdoor

Jenis Kolam Renang outdoor

Jenis kolam renang kedua adalah jenis kolam renang outdoor. Kolam renang outdoor dapat dibangun dalam bentuk yang lebih luas dibandingkan kolam renang indoor. Anda juga dapat berkreasi untuk memberikan aksesoris taman di pinggiran kolam renang, lampu, kursi malas, payung, dan aksesoris lainnya untuk memperindah kolam renang.

Banyak orang yang lebih memilih untuk membangun kolam renang outdoor karena biaya untuk membangunnya terbilang lebih sedikit. Baik kolam renang indoor maupun outdoor keduanya merupakan kolam renang yang hakikatnya memiliki fungsi yang sama.

Berdasarkan fungsinya, terdapat 7 jenis kolam renang. 7 jenis kolam berikut ini dapat diaplikasikan di rumah, di sekolah, maupun di tempat-tempat latihan berenang.

Silahkan baca juga: 6 Fungsi Kolam Renang

6 Jenis Kolam Renang Berikut Fungsinya

… Simak dan pilih jenis kolam renang seperti apa yang ingin Anda bangun.

1. Jenis Kolam Renang Lap Pool

Jenis Kolam Renang Lap Pool

Jenis kolam renang yang pertama adalah lap pool. Lap pool merupakan kolam renang yang dibangun dengan bentuk memanjang dan sempit. Kolam renang ini biasanya dibangun bagi orang yang memiliki masalah kesehatan. Dengan membangun kolam renang model memanjang dan menyempit, seseorang dapat melakukan olahraga renang dengan waktu yang lebih intensif.

Kolam renang jenis ini biasanya dilengkapi dengan arus yang dibuat dengan menggunakan mesin. Keberadaan arus sangat menguntungkan karena dapat digunakan sebagai tempat santai. Jenis kolam renang yang kedua adalah kolam renang jenis overflow. Kolam renang overflow memiliki batas air yang cukup tinggi hingga ke dinding kolam. Kesan yang bisa dirasakan dari kolam renang overflow adalah air yang melimpah dan menyegarkan.

2. Jenis Kolam Renang Exercise Pool

Jenis Kolam Renang Exercise Pool

Jenis kolam renang kedua menurut fungsinya adalah exercise pool atau kolam renang latihan. Sesuai dengan namanya, kolam renang jenis ini tentu saja memiliki fungsi untuk melakukan latihan renang. Bentuk kolam renang latihan lebih kecil dari kolam renang biasanya. Terdapat sistem penggerak di kolam renang untuk menimbulkan arus. Adanya arus menyebabkan para perenang hanya dapat berada di tempatnya.

3. Jenis Kolam Renang Play Pool

Jenis Kolam Renang Play Pool

Jenis kolam renang selanjutnya adalah kolam renang bermain. Kolam renang ini memiliki ketinggian air yang rendah. Play pool diperuntukkan untuk anak-anak. Desain warnanya biasanya mencolok untuk menggambarkan perasaan anak-anak yang selalu ceria. Terdapat banyak tempat untuk bersantai di sekeliling kolam yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mengawasi anak-anak yang bermain.

4. Jenis Kolam Renang Private Pool

Jenis Kolam Renang Private Pool

Private pool atau kolam renang pribadi merupakan jenis kolam renang ke 4. Kolam renang pribadi biasanya memiliki desain yang tidak terlalu besar layaknya kolam renang umum. Tujuan pembangunan kolam renang pribadi adalah sebagai tempat keluarga untuk berkumpul bersama, berenang bersama, dan menikmati kebahagiaan keluara. Kolam renang pribadi sendiri bisa dibangun dengan menggunakan desain sesuai yang diinginkan oleh pemiliknya. Kolam ini bisa dibangun di belakang rumah maupun disamping rumah yang menyatu dengan kebun.

5. Jenis Kolam Renang Free Form

Jenis Kolam Renang Free Form

Selanjutnya ada jenis kolam renang yang bernama free form. Tipe kolam renang free form atau kolam renang jenis bebas memiliki bentuk yang tidak ditentukan. Kolam renang ini biasanya dibangun dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga akan menimbulkan nuansa yang lebih natural. Tujuan membangun kolam renang jenis bebas memang untuk memberikan kesan yang dekat dengan alam.

Kolam renang free form hampir sama fungsinya dengan kolam renang pribadi. Biasanya, bentuk kolam renang ini sudah ditentukan sedemikian rupa sehingga terkesan menyatu dengan rumah. Anda dapat mendesain kolam renang free form dengan desain sendiri atau meminta tolong orang yang lebih berpengalaman seperti arsitek rumah untuk memberikan desainnya.

6. Jenis Kolam Renang Geometris

Jenis Kolam Renang Geometris

Jenis kolam renang terakhir atau ke enam adalah kolam renang geometris. Kolam renang geometris merupakan kebalikan dari kolam renang free form. Orang yang membangun kolam renang geometris memiliki tujuan untuk mendapatkan kesan yang formal dari kolam renang miliknya. Jenis kolam renang ini biasanya tidak diterapkan di rumah, melainkan di sekolah-sekolah atau di tempat kompetisi renang. Kolam renang geometris disebut juga kolam renang yang formal. Kolam ini tidak memerlukan aksesoris untuk menghiasi sekeliling kolam.

Itulah 6 jenis kolam renang yang dibagi berdasarkan fungsinya. Beberapa manfaat atau fungsi kolam renang bagi manusia adalah untuk memperindah rumah, sebagai sarana olahraga keluarga, sebagai tempat untuk menghibur diri di luar rumah, sebagai tempat untuk bersosialisasi bersama teman-teman, dan masih banyak lagi lainnya. Adanya kolam renang ternyata juga dapat meningkatkan nilai jual dari suatu rumah.

Nah, apakah Anda juga ingin segera membangun kolam renang impian di rumah Anda?

Jika masih ada sisa lahan di rumah, tidak ada salahnya untuk berencana membuat kolam renang pribadi. Dengan demikian, anak-anak di rumah juga dapat menikmati hari libur mereka tanpa harus liburan ke luar rumah. Cukup bersantai bersama keluarga di kolam renang bisa menjadi hari libur yang menyenangkan. Manfaatkan fungsi dari masing-masing jenis kolam renang di rumah dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa untuk selalu merawatnya.

Sharing is caring!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *