Perhatikan Risiko Kebocoran Kolam Renang Sebelum Anda Mantap Memilikinya

Pembuatan rumah ataupun pembangunan kolam renang tetap memiliki resiko kebocoran. Itulah alasannya, kami menulis judul terakit cara mengatasi kebocoran kolam renang.

Di rumah menjadi salah satu waktu yang paling dinanti oleh sebagian orang. Tak hanya untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah bekerja di kantor, rumah juga bisa menjadi tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Terlebih jika rumah yang kita tempati memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Kebahagiaan tentunya akan terus menghiasi keluarga kecil Anda. 

Masa pandemi saat ini, sepertinya menjadi kebahagiaan bagi sebagian orang, meski banyak orang yang merasakan kegelisahan karena tidak bisa bekerja atau kehilangan pekerjaannya. Kebahagiaan itu dirasa karena waktu bersama keluarga menjadi lebih banyak. Kegiatan apapun juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus keluar rumah. 

Seseorang yang memiliki tempat menarik di rumahnya tentu akan merasa senang. Misalnya seseorang yang memiliki ruang olahraga atau gym sendiri, perpustakaan sendiri, studio band sendiri, maupun kolam renang sendiri. Mereka tentunya dapat bersantai di rumah dengan tenang meski sedang mengalami situasi yang tak menentu seperti saat ini.

Berbicara mengenai kolam renang, spot yang satu ini sering menjadi idaman banyak keluarga. Banyak orang yang ingin rumahnya memiliki sebuah kolam renang meski tidak terlalu luas. Namun sungguh disayangkan, tak semua rumah memiliki area yang cukup untuk membangun sebuah kolam renang. 

Berbagai hal juga perlu Anda perhatikan ketika ingin membangun sebuah kolam di halaman rumah. Tak hanya sekadar kebahagiaan semata yang perlu Anda perhatikan, namun juga hal-hal kecil lainnya.

Kesatu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah sisa ruang atau sisa halaman yang Anda miliki. Anda harus menentukan dan mengira-ngira, apakah dengan sisa lahan yang dimiliki bisa membangun sebuah kolam renang.

Jika Anda hanya memiliki lahan sisa yang tidak terlalu luas atau hanya setara dengan satu buat mobil, sebagiannya jangan paksakan untuk membuat kolam. Karena lahan sisa tersebut dapat Anda manfaatkan untuk area lain yang jauh lebih bermanfaat.

Kedua

Anda perlu memperhatikan biaya pembuatan sebuah kolam yang nantinya akan terus digunakan oleh anggota keluarga. Jangan sampai Anda membuang-buang uang hanya untuk memenuhi kesenangan tanpa mempertimbangkan apa yang akan terjadi kedepannya.

Namun jika Anda merasa adanya kolam renang itu diperlukan, Anda bisa membuatnya dengan memperhatikan biaya yang akan dikeluarkan. Anda bisa menanyakan biaya tersebut kepada kontraktor atau orang yang memang sudah berpengalaman dalam bidang pembuatan kolam.

Ketiga

Perhatikan pentingnya kolam renang di rumah Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus memperhatikan pentingnya kolam renang. Jangan sampai ketika kolam sudah dibuat, namun Anda sia-siakan dengan tidak menggunakannya.

Dengan begitu, tentunya Anda akan membuang lahan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk hal lain, membuang uang yang tidak sedikit untuk membuat kolam, dan membuang uang untuk biaya perawatan dari kolam renang. Jika tidak sering digunakan, tentu banyak kerugian yang akan Anda terima.

Selain memperhatikan beberapa hal kecil dari pembuatan kolam renang, Anda juga harus memperhatikan bahan yang akan digunakan dalam pembuatan kolam renang.

Anda bisa membuat kolam tanam yang dilapisi dengan keramik, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan bahan fiberglass, atau Anda bisa memilih untuk menggunakan bahan kaca untuk digunakan dalam pembuatan kolam renang. 

Ketika Anda memiliki sebuah kolam renang, berbagai permasalahan tentunya akan Anda hadapi. Mulai dari kolam yang sering kotor karena daun yang terus berguguran, air yang keruh, adanya lumut atau hal lain yang akan mengganggu, dan tentunya kebocoran dari kolam renang.

Anda mungkin akan bertanya-tanya, apakah bisa kolam renang yang kita miliki mengalami kebocoran? Bukan tidak mungkin kolam yang kita miliki mengalami kebocoran. 

Jika kebocoran kolam sudah terjadi, tentunya kepanikan yang akan dialami, terlebih biaya perbaikannya yang tidak sedikit perlu Anda keluarkan agar kolam tetap bisa digunakan. Kebocoran kolam juga akan mengganggu aktivitas Anda yang ingin menghabiskan waktu berenang bersama keluarga.

Namun tahukah Anda, ada cara sederhana yang bisa Anda terapkan dalam mengatasi permasalahan kebocoran kolam renang. Lantas apa saja cara mengatasi kebocoran kolam renang yang bisa kita lakukan?

Penyebab Kebocoran Kolam Renang

Sebelumnya Anda harus tahu penyebab terjadinya kolam renang. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah mengetahui penyebab terjadinya kebocoran kolam. 

1. Konstruksi

Konstruksi kolam yang tidak baik. Hal pertama yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran kolam renang adalah konstruksi yang dibuat mengalami kesalahan. Kesalahan kecil terkadang terjadi ketika proses pembangunan kolam.

Mulai dari keretakan kecil hingga keretakan besar, atau permasalahan lainnya. Meski hanya kesalahan kecil, namun kesalahan tersebut akan berdampak ke penggunaan di masa mendatang.

Jadi sebelum menggunakannya, Anda harus memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi di kolam. Kontraktor tentunya akan menanyakan kepuasan Anda setelah kolam selesai dibangun.

Di sinilah saat yang tepat untuk Anda memperhatikan hasil bangunan. Jika Anda merasa tidak puas dengan hasilnya, Anda bisa mengajukan komplain, namun tetap dalam skala wajar.

Konstruksi yang tidak baik ini juga bisa terjadi akibat hal lain di luar kemampuan kontraktor, yaitu hal yang terjadi akibat pergeseran tanah akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan lainnya.

Jika permasalahan ini terjadi pada kolam renang yang Anda miliki, tentunya Anda harus bersiap merogoh kocek yang lebih besar. Jika keretakan terjadi akibat konstruksi yang bermasalah, itu artinya Anda harus melakukan pengecoran ulang terhadap kolam renang. Biayanya tentu akan serupa dengan biaya Anda membangun kolam renang baru. Cukup menguras uang bukan? 

2. Waterproofing

Permasalahan berikutnya yang biasanya dialami oleh setiap pemilik kolam renang yang menyebabkan terjadinya kebocoran adalah WaterProofing. Namun tahukah Anda mengenai apa itu WaterProofing?

WaterProofing merupakan bagian penting yang ada di kolam renang yang akan membuat beberapa bagian terlindungi atau kedap air. Kerusakan yang terjadi pada WaterProofing biasanya terjadi akibat adanya perubahan dari konstruksi kolam renang.

Hal lain yang mampu membuat kerusakan pada WaterProofing juga bisa disebabkan oleh hal lain. Misalnya kualitas material dari WaterProofing yang digunakan, atau mungkin proses pemasangan dari WaterProofing yang dilakukan oleh sembarang orang atau orang yang belum memiliki pengalaman.

Satu hal lagi yang bisa membuat WaterProofing mengalami kerusakan, yaitu usianya yang terbilang sudah tua atau sudah lama digunakan. Kerusakan ini biasanya bersangkutan dengan kerusakan konstruksi.

Apabila konstruksi mengalami kerusakan atau keretakan, dapat dipastikan bahwa WaterProofing juga mengalami kerusakan atau keretakan. Kebocoran akan semakin terlihat jelas setelah kita melakukan pengecekan terhadap pipa-pipa yang terhubung menuju ke kolam.

Langkah perbaikannya adalah membongkar keramik yang ada di sekitar kolam, dan membongkar leveling. Setelah itu Anda, kontraktor, atau tukang bangunan dapat melakukan proses WaterProofing ulang. Memang memerlukan waktu, namun biayanya tidak semahal jika Anda harus melakukan pengecoran ulang.

3. Instalasi Pipa (plumbing System)

Instalasi dari pipa sirkulasi. Permasalahan terakhir yang akan dihadapi para pemilik kolam dalam permasalahan kebocoran kolam adalah proses sirkulasi air pada instalasi pipa.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kolam renang memiliki sebuah sirkulasi air yang terus berputar, agar air di kolam tetap terjaga kebersihan dan kejernihannya. Lantas di mana permasalahan kebocoran akan terjadi?

Permasalahan ini akan terjadi ketika sirkulasi yang terjadi di pipa atau sambungan pipa tidak bisa berjalan dengan sempurna. Lantas bagaimana cara kita mengetahui adanya kebocoran dan mencarinya? Sedangkan kita tahu bahwa banyak pipa yang juga tertanam di bawah beton.

Cara sederhana. Yang dapat Anda lakukan adalah mengetes satu persatu jalur pipa yang dilewati oleh air. Dari situ kita akan menemukan titik kebocoran dari pipa. 

Cara mengatasi Kebocoran Kolam Renang

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran kolam renang, kita kembali lagi menuju cara mengatasi kebocoran kolam renang. Selain beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya, masih ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Ini dia ulasannya untuk Anda. 

1. Injeksi Beton

Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai perbaikan area yang bocor atau keropos, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah injeksi beton. Injeksi atau tambahan perlu Anda lakukan untuk menutupi bagian kolam yang mengalami kebocoran. Tidak perlu melakukan pengecoran ulang dan memanggil ahli konstruksi untuk membenahi permasalahan tersebut, Anda pun bisa melakukannya sendiri. 

2. Menambal dengan Perekat

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menambalnya dengan sebuah perekat yang memang dikhususkan bagi penanganan kebocoran kolam renang. Perekat ini layaknya seperti isolasi namun memiliki kekuatan dan ketahanan yang cukup baik dalam mengatasi kebocoran kolam. 

3. Nat Ulang

Menutup ulang nat keramik juga bisa Anda jadikan pilihan. Namun mungkin Anda memerlukan biaya tambahan dalam melakukan proses yang satu ini. Hal ini pun tidak bisa Anda lakukan sendiri. Perlu adanya orang khusus atau ahli yang memang sudah berpengalaman dalam mengatasi hal yang satu ini.

4. Palapis Anti Bocor

waterproofing kolam renang
waterproofing kolam renang (pelapis anti bocor)

Memasang pelapis anti bocor atau waterproofing baru di bagian yang mengalami kebocoran. WaterProofing biasanya sudah ditanamkan di beberapa sudut kolam yang rawan akan kebocoran. Namun jika kebocoran terjadi di tempat yang tidak terduga, Anda bisa memanfaatkan benda yang satu ini. 

Lantas apa yang harus kita lakukan jika kebocoran yang terjadi pada kolam renang sudah memasuki masa kritis atau kebocoran dalam skala besar?

Anda bisa menerapkan beberapa cara mengatasi kebocoran kolam renang ini dalam mengatasinya. Hal paling mudah yang bisa Anda jadikan pilihan adalah melakukan renovasi atau pembangunan ulang dari kolam. Memang biayanya tidak sedikit, namun hal ini perlu dilakukan agar waktu berenang bersama keluarga lebih menyenangkan tanpa adanya masalah yang terjadi. 

Bagaimana, masih terpikir untuk membangun kolam renang di area rumah?

Sudah membayangkan mengenai permasalahan yang akan terjadi jika Anda membangun sebuah kolam?

Dengan adanya informasi ini semoga Anda semakin tertarik dan termotivasi untuk mengumpulkan pundi-pundi uang agar dapat membangun dan terus melakukan perawatan yang baik pada sebuah kolam renang.

Jika Anda memang sudah mantap untuk membangun sebuah kolam renang di area rumah, jangan sampai melupakan beberapa hal mendasar dari adanya kolam. Mulai dari lahan, biaya pembuatan, biaya perawatan, hingga biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengatasi kerusakan kolam. 

Itu dia beberapa informasi mengenai kolam renang dan cara mengatasi kebocoran kolam renang yang perlu Anda ketahui. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment