9 langkah Praktis Membangun Kolam Renang

9 langkah Praktis Membangun Kolam Renang

Salah satu eksterior rumah yang dapat membuat rumah terkesan cantik dan mewah adalah kolam renang. Fungsi kolam renang dalam sebuah rumah diantaranya untuk latihan berenang, bersantai dengan keluarga, atau pun untuk mengisi lahan rumah yang kosong. Ada hal penting yang perlu direncanakan terlebih dahulu sebelum membangun kolam renang.

Meskipun Anda sangat menginginkan kolam renang tersebut berada di rumah, namun Anda tidak boleh gegabah dalam merencanakan desainnya, mempersiapkan biayanya, dan mempersiapkan segala perlengkapannya.

Jika beberapa hal tersebut di atas telah terpenuhi, maka pembangunan kolam renang di rumah Anda akan berjalan dengan lancar. Memang tidak bisa dipungkiri jika membangun kolam renang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, Anda masuk kategori orang yang bijak jika mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini.

Tahapan dalam membangun kolam renang bisa menjadi panduan bagi Anda yang sedang merencanakan untuk membuat kolam renang. Yang paling utama untuk diperhatikan adalah menentukan maksud dan tujuan Anda dalam membangun kolam renang tersebut.

Dengan merencanakan maksud dan tujuannya, maka nantinya hal-hal teknis lain seperti luas kolam, desain kolam, atau pun kekuatan kolam dapat ditentukan selanjutnya.

Dengan memperhatikan tahapan pembuatan kolam, maka perencanaan pembuatan kolam akan berjalan dengan teratur, terstruktur dan tidak ada hal kecil yang terlewatkan.

Lalu, apa sajakah tahapan pembuatan kolam renang yang perlu diperhatikan?

Mari kita simak bersama sama

9 Tahapan Membangun Kolam Renang

Anda dapat memahami 9 kunci dalam membangun kolam renang. Proses pembuatan yang dilandasi dengan 9 kunci tahapan berikut akan mempermudah pengerjaan, perincian biaya, maupun penentuan model kolam renang. Apa sajakah tahapan-tahapan itu?

Perencanaan pembuatan kolam Renang

Tahapan yang pertama dalam membangun kolam renang adalah tahapan perencanaan pembuatan kolam renang.

Dalam tahapan ini, kita perlu menentukan ukuran, bentuk kolam renang, biaya material dan pengerjaan, penempatan kolam, penempatan balancing tank, penempatan ruang mesin dan filter,

Jika Anda ingin membangun menggunakan jasa kontraktor pembuatan kolam renang, maka Anda dapat menyerahkan tahapan perencanaan kepada mereka.

Perancangan kolam renang

Tahapan dalam membangun kolam renang selanjutnya adalah tahapan perancangan kolam renang. Pada tahapan ini, Anda dapat merumuskan ide-ide berupa tata letak kolam renang, memilih ornament dan gaya kolam, atau pun merumuskan warna dasar yang akan Anda ciptakan pada kolam renang Anda.

Semua ide-ide tersebut kemudian dapat digambarkan dalam sebuat kertas sebagai tolak ukur pembuatan kolam renang.

Melakukan musyawarah Pembuatan Kolam Renang

Setelah melalui tahap perencanaan dan perancangan, Anda dapat memberitahu rencana Anda untuk membangun kolam renang di rumah kepada pihak keluarga.

Melakukan musyawarah dengan keluarga akan membuat semua anggota keluarga merasa dilibatkan dan diperhatikan.

Setelah semua anggota keluarga sepakat dan setuju dengan proses perencanaan dan perancangan, Anda dapat melanjutkan pada langkah yang selanjutnya.

Tahapan pra pelaksanaan pembangunan kolam renang

Memasuki tahapan pra pelaksanaan pembangunan kolam, sampai pada tahap ini berarti Anda sudah memiliki desain perancangan dalam sebuah gambar.

Anda dapat mempersiapkan material-material yang akan dibutuhkan, kontrak kerjasama dengan kontraktor kolam renang, dan urusan dengan pihak-pihak lain yang dilibatkan dalam pembuatan kolam renang.

Anda dapat mencari tenaga ahli di internet atau pun mencari informasi dari teman kerja atau tetangga yang sudah berpengalaman dalam membangun kolam renang.

Tahapan persiapan pembangunan kolam renang

Pada tahapan persiapan pembangunan kolam ini, rumah Anda sudah akan disibukkan dengan kehadiran pekerja yang akan membuat kolam renang. Mereka akan melakukan persiapan pembuatan kolam dengan memulai untuk mengukur luas, menentukan bangunan yang diperlukan, membersihkan area yang akan dibangun menjadi kolam renang, dan melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan kelancaran proses membangun kolam renang.

Pengerjaan pembangunan kolam renang

Setelah proses persiapan dalam membangun kolam renang selesai dilakukan, kini saatnya proses pengerjaan kolam dilaksanakan.

Proses pembuatan kolam renang memiliki beberap tahapan yang perlu diperhatikan seperti proses penggalian tanah, proses pembesian (memotong besi, penganyaman atau hal lainnya), proses pemasangan batu bata, proses pembuatan bekisting, proses pengecoran, proses plumbing, dan proses terakhir adalah proses finishing.

Setelah proses finishing telah selesai dilaksankan, kini Anda tinggal mempersiapkan keperluan elektrikal untuk kolam renang. Setelah semuanya beres, pengisian air kolam dapat dilakukan untuk melakukan tes pada sistem sirkulasi air.

Proses pembersihan kolam renang

Pembersihan kolam renang dilakukan ketika proses pengerjaan kolam renang sekaligus proses pengetesan selesai dilakukan. Ketika memasuki tahapan ini, berarti kolam renang telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan.

Namun, karena kolam renang masih baru dibangun, pastilah banyak sampah disana sini. Bersihkan kolam renang dari sampah dan material yang menganggu. Buatlah kolam renang menjadi sebersih mungkin agar mata dapat memandang dengan sempurna.

Tahapan akhir pembangunan kolam renang

Tahapan akhir merupakan tahapan dimana Anda sebagai pemilik kolam renang dan pekerja atau kontraktor kolam renang melakukan serah terima pekerjaan. Pastikan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan pesanan Anda.

Sesempurna pekerjaan apapun pasti akan terdapat sedikit kesalahan, namun pastikan kesalahan yang dilakukan tersebut tidak memiliki pengaruh pada fungsi kolam renang Anda.

Memastikan garansi kolam renang

Inilah akhir dari seluruh tahapan dalam membangun kolam renang. Pastikan Anda memiliki garansi pembuatan kolam dengan pembuat kolam yang Anda gunakan jasanya. Hal tersebut dilakukan untuk menantisipasi jika suatu saat terdapat kebocoran maupun kekurangan yang dirasakan dengan pembangunan kolam di rumah.

Nah, selamat. Kini Anda telah memiliki kolam renang yang sesuai dengan harapan. Proses pengerjaan kolam renang akan menjadi lebih memakan sedikit waktu jika Anda melaksanakan tahapan-tahapan sesuai dengan prosedur.

Prosedur membangun kolam renang adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Jika Anda mengabaikan hal terebut, maka pengerjaan kolam renang bisa memakan proses lebih lama, dan alhasil Anda pun akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih banyak.

Setelah memiliki kolam renang yang Anda impikan, kini saatnya Anda merencanakan perawatan kolam renang. Proses perawatan kolam renang bukan merupakan hal yang mudah jika belum terbiasa. Anda bisa melakukan perawatan dengan senantiasa memperhatikan kadar ph dalam air dan menjaga kualitas air di dalam kolam.

Jika membutuhkan, banyak jasa perawatan kolam yang dapat Anda sewa. Dengan melakukan perawatan kolam secara benar dan berkala, maka kondisi air di dalam kolam akan selalu bersih dan sehat.

Perawatan yang baik juga memberikan kontribusi kelangsungan kolam renang. Material kolam menjadi awet dan tidak mudah rusak.

Jika semua telah terpenuhi, kini Anda bisa bersantai dan menikmati kolam renang impian di rumah. Anda bisa merencanakan untuk menambahkan aksesoris kolam renang seperti kursi malas, lampu kolam, atau pun tanaman-tanaman kecil untuk memperindah kolam. Kolam renang yang cantik dan segar bisa menjadi salah satu tempat liburan pribadi bagi setiap keluarga.

Ketika hari libur tiba, Anda dapat berkumpul bersama keluarga untuk menikmati liburan sederhana dengan berenang di kolam pribadi. Banyak hal lain pula yang dapat dilakukan di kolam renang seperti berjemur di atas pelampung renang, atau pun memanjakan diri dengan membaca sambil bersantai di atas kursi malas.

Untuk itu, dalam membangun kolam renang, buatlah desain kolam senyaman mungkin dan lakukan langkah-langkah pembangunan kolam dengan baik agar hasil yang Anda inginkan sesuai dengan kenyataan.

Sharing is caring!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *