6 Cara Melakukan Treatment Air Kolam Renang

Renovasi Kolam Renang minimalis

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyehatkan. Anda dapat mengonrol berat badan sekaligus dapat membuat tubuh terasa sehat dan bugar dengan berenang. Saat berenang, semua bagian tubuh akan digerakkan seperti tangan, leher, dan kaki. Manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan olahraga renang adalah untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sekaligus menjaga keseimbangan bagian tubuh seperti leher maupun pundak. Untuk mendapatkan waktu berenang yang berkualitas, Anda bisa membangun kolam renang pribadi. Anda tidak perlu membangun kolam yang mewah. Kolam renang yang sederhana pun jadi. Lain dari itu setelah anda memiliki kolam renang pribadi, yang perlu dilakukan berikutnya adalah dengan merawat kolam renang dengan baik termasuk melakukan treatment air kolam renang.

Treatment air kolam renang bisa dilakukan setelah proses pembangunan kolam renang selesai. Setelah kolam renang siap untuk digunakan, Anda harus melakukan treatment pada air kolam renang untuk membuat air kolam renang bersih, jernih, sehat, dan nyaman untuk digunakan. Proses treatment dapat dilakukan ketika Anda telah memiliki sarana dan prasarana yang digunakan untuk memulai treatment air kolam renang.

…. baca perlahan, 6 poin utama dalam melakukan treatment sebagai berikut…

Cara Melakukan Treatment Air Kolam Renang

Treatment air kolam renang harus dilakukan sekaligus untuk menguji apakah kolam renang bocor atau tidak atau pun mengecek semua alat yang terpasang berfungsi dengan baik atau tidak. Nah, bagaimanakah cara awal melakukan treatment pada air kolam renang?

1.Mengisi Air Kolam Renang Hingga Penuh

Treatment Air Kolam Renang

Proses Pengisian Air Kolam Renang

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan treatment air kolam renang adalah dengan melakukan pengisian air kolam renang hingga penuh. Kondisi penuh ditunjukkan dengan adanya air yang melimpah pada permukaannya. Air yang digunakan untuk mengisi kolam renang memang cukup banyak. Anda dapat membeli air isi ulang dengan jumlah tangki sesuai dengan ukuran isi kolam renang.

Proses ini akan membutuhkan biaya yang mahal. Namun, Anda juga bisa mengisi air kolam renang dengan menggunakan air pompa. Tetapi, Anda harus bersabar ketika menggunakan cara ini. Nyalakan air sedikit demi sedikit kemudian matikan selama sejam. Nyalakan kembali dan matikan kembali. Hal tersebut adalah cara yang lebih mudah dan murah.

2.Memberikan Kaporit pada Kolam Renang

Kaporit

Kaporit

Berikutnya, proses treatment air kolam renang dapat dilanjutkan dengan memberikan kaporit pada air kolam renang. Gunakan 1 kg kaporit yang memiliki harga sekitar 20 ribu rupiah. 1 kg kaporit nantinya akan membuat air kolam berwarna kuning hingga kehijauan pada hari berikutnya. Anda tidak perlu khawatir.

Proses tersebut disebut dengan proses pengejutan kolam renang. Proses pengejutan akan membuat bakteri-bakteri maupun lumut mati dengan larutan air kaporit yang telah tercampur dalam air kolam renang. Ini sekaligus akan membersihkan air di dalam kolam renang pada pengisian yang berikutnya.

3.Memberikan Soda as pada Kolam Renang

Proses selanjutnya dalam treatment air kolam renang adalah dengan memberikan soda as dan tawas. Tambahkan setengah kilogram soda as dan tawas sebanyak 3 sampai dengan 4 kilogram. Anda dapat menggunakan soda as dalam bentuk bubuk untuk ditaburkan ke dalam air kolam. Sedangkan untuk tawas biasanya dijual dalam bentuk bongkahan. Maka Anda dapat memecah tawas terlebih dahulu untuk kemudian diletakkan pada bagian bawah keran.

Soda as berfungsi sebagai pembersih dinding kolam renang. Sedangkan tawas berfungsi untuk mengikat kotoran yang kemudian akan mengendap di dasar kolam. Proses ini tidak memerlukan biaya yang besar karena harga tawas dan harga soda as terbilang cukup murah.

Treatment air kolam renang di atas akan membuat air kolam renang menjadi bersih. Kotoran-kotoran kolam renang yang telah dibersihkan menggunakan soda as kemudian akan mengendap di dasar kolam renang. Endapan kotoran yang berwarna coklat tersebut nantinya akan mudah dibersihkan. Dalam melakukannya, Anda bisa menggunakan alat penyedot.

Mengapa harus menggunakan alat sedot?

Kotoran yang telah mengendap sebenarnya merupakan butiran-burtiran yang sangat halus sehingga Anda tidak mungkin membersihkannya dengan cara yang manual. Endapan kotoran tersebut harus dibuang dalam pembuangan secara langsung yang akan berakhir pada selokan melalui penyaringan. Jika penyaringan kotor, bersihkan terlebih dahulu menggunakan keran sambil disiram. Pastikan proses pembersihan kotoran yang mengendap dilakukan secara benar-benar bersih.

Silahkan Lihat Video Contoh Proses Perawatan Air Kolam Renang


4.Menggunakan Terusi pada Kolam Renang

Setelah proses penyedotan endapan dilakukan, maka air kolam renang nantinya akan berwarna biru dan bersih. Air kolam renang tersebut sebenarnya bisa langsung digunakan untuk berenang. Namun, jika Anda menginginkan warna kolam renang menjadi biru kegelapan dan terlihat mengkilap, Anda dapat melakukan proses treatment air kolam renang selanjutnya dengan menggunakan terusi.

Terusi merupakan salah satu bahan yang dapat membuat warnah air dalam kolam renang menjadi lebih mengkilap. Harga terusi sendiri tidak terlalu mahal. Anda bisa menambahkan terusi dalam waktu 3 sampai 4 hari saja. Setelah semua hal tersebut selesai dilakukan, Anda dapat melakukan proses selanjutnya dengan menjernihkan kolam renang. Proses penjernihan kolam renang dapat dilakukan dengan melakukan proses sirkulasi.

5.Proses Sirkulasi Kolam Renang yang Memadai

Proses sirkulasi dalam treatment air kolam renang dapat dilakukan dengan cara penyedotan air yang berasal dari bak dan kemudian diteruskan dalam suatu wadah dan kemudian hasil dari proses tersebut dikembalikan ke dalam kolam renang. Proses sirkulasi pada tahap ini biasanya memerlukan waktu yang cukup lama hingga 6 jam. Setelah proses sirkulasi selesai dilakukan, angkatlah alat penyedot dari stop kontak. Setelah proses tersebut selesai, berarti Anda telah melakukan semua treatment dengan baik. Mari ceburkan diri Anda ke kolam renang untuk menikmati sejuk dan segarnya air kolam renang yang bersih tersebut.

Bagaimana?

Cara untuk melakukan treatment air kolam renang tidak terlalu sulit untuk dilakukan bukan?

..Kuncinya, Anda harus sabar dan juga teliti dalam setiap proses yang Anda lakukan. Hal tersebut memang akan memerlukan waktu yang lamat. Namun setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan merasakan betapa nikmat dan sejuknya memiliki kolam renang dengan air yang bersih, jernih, dan nyaman untuk digunakan.

Setiap kolam renang penuh yang selesai digunakan, pasti airnya akan berkurang karena telah terbuang ke luar kolam. Anda dapat menambahkan air ke dalam kolam menggunakan bak atau langsung menggunakan pompa. Setelah semua itu dilakukan, kini Anda hanya tinggal melakukan perawatan kolam renang secara berkala.

Baca juga: Prinsip dasar perawatan kolam renang

6.Membersihkan Lumut dan Ganggang pada Kolam Renang

Untuk menghindari pertumbuhan lumut maupun ganggang di dalam kolam, Anda bisa menggunakan kaporit dalam waktu 3 atau 4 hari sekali. Sedangkan untuk mempertahankan kebersihan dari air kolam, Anda bisa melakukan sirkulasi kolam setiap harinya dalam waktu 6 jam sampai dengan 8 jam.

Meskipun Anda melakukan sirkulasi setiap harinya, namun daya listrik yang dikeluarkan sebenarnya tidak terlampau besar. Akan lebih baik untuk melakukan perawatan secara berkala daripada mendapati kolam renang Anda kotor bukan?

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam treatment air kolam renang secara berurutan. Melakukan treatment untuk kolam renang akan memberikan manfaat yang besar bagi Anda sebagai pemiliknya. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan jasa perawatan kolam renang jika tidak memiliki waktu untuk melakukannya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Sharing is caring!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.